Sadar Waktu Shalat (DARURAT)

Program kerja Darurat (Sadar Waktu Shalat) ini merupakan program kerja dari Departemen Keagamaan yang mengingatkan pengurus muslim HMPGSD ketika dalam kumpulan, rapat maupun kegiatan, untuk segera melaksanakan shalat awal waktu terlebih dahulu saat adzan sudah berkumandang. Pada awal-awal kepengurusan, Darurat ini cukup teralisasi dengan baik karena banyaknya rapat yang memakan waktu cukup lama sehingga dapat melewati waktu shalat. dikarenakan rapat-rapat tersebut dilaksanakan secara daring menggunakan google meet atau zoom, maka darurat ini diingatkan lewat kolom chat yang ada di platform media yang digunakan atau mengabari moderator/pemandu rapat untuk break terlebih dahulu agar pengurus muslim bisa melaksanakan shalat tepat waktu. Namun, ditengah dan menuju akhir kepengurusan, Darurat tidak terlalu terealisasi dengan baik karena kebanyakan rapat dan kegiatan tersebut di laksanakan pagi pukul 07.00, sore pukul 15.30/16.00 atau malam pukul 19.30 dan selalu selesai sebelum waktu shalat berikutnya sehingga tidak sampai melewatinya. Kemudian, walaupun di akhir kepengurusan banyak kegiatan yang melewati waktu shalat, tetapi setiap kegiatan tersebut terdapat Rundownnya masing-masing yang sudah tercantum waktu untuk melaksanakan shalat. sehingga, disini darurat sudah masuk kedalam rundown kegiatan tersebut. Meskipun demikian, masih terdapat kegiatan yang melebihi rundown, salah satunya pada saat LKM hari pertama yang melewati waktu shalat Magrib sehingga darurat diingatkan lagi di grup panitia agar para panitia dan peserta bisa break sebentar untuk melaksanakan shalat Magrib terlebih dahulu karena waktu shalat magrib itu sebentar. Terakhir, darurat diingatkan juga ketika evaluasi LKM pada hari kedua secara offline, yang mengingatkan pengurus untuk menyegerakan shalat Isya terlebih dahulu di masjid.


Peringatan Hari Besar Keagamaan (PHBK)

Kegiatan Peringatan Hari Besar Keagamaan terselenggara dengan lancar. Tujuan utama dari kegiatan PHBK ini pun terealisasikan. Meski ada sedikit hambatan mengingat kondisi pandemi sekarang ini, namun kegiatan tetap terlaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari tetap banyaknya partisipan yang berpartisipasi dalam kegiatan, utamanya civitas akademik UPI Tasikmalaya yang ikut serta memeriahkan kegiatan PHBK ini. Untuk bentuk peringatan hari besar keagamaan berupa penyebaran pamflet, pamflet disebar melalui WhatsApp group dan media sosial lainnya. Untuk beberapa kegiatan dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama Forum Komunikasi Keagamaan UPI Kampus Tasikmalaya, yang melibatkan beberapa ormawa didalamnya, dilaksanakan secara daring (via Zoom Meeting) yang sebagian besar acaranya dihadiri oleh Civitas Akademik UPI Kampus Taikmalaya dan masyarakat umum. Bentuk kegiatan peringatan hari besar yang berkolaborasi dengan FKK itu berupa Seminar (salah satunya seminar Internasional), Tabligh Akbar, Perlombaan keagamaan, penyaluran infaq dan kegiatan keagamaan lainnya. Kepanitiaan kegiatan berasal dari setiap perwakilan ormawa keagamaan yang bergabung dengan Forum Komunikasi Keagamaan dan setiap kegiatan juga dibawah naungan kelambagaan UPI Kampus Tasikmalaya.


UPI Tasikmalaya Mengaji (UPITASMI)

Kegiatan Ngabar (Ngaji Bareng) ini alhamdulillah dapat terselenggara dengan baik dan lancar. Acara di awali dengan pembukaan, kemudian langsung ke pembacaan ayat suci Al-Qur‟an bersama, kemudian pembahasan tajwid, dan terakhir qultum. Kegiatan ngabar ini mc nya dari panitia, dan untuk perangkat acaranya yaitu bisa dari panitia kegiatan, Angkatan 2021, Angkatan 2020, Angkatan 2019, dan Angkatan 2018. Kegiatan dimulai dengan terlebih dahulu MC menyampaikan urutan-urutan kegiatan yang akan di laksanakan, yaitu pertama pembukaan, kedua ngaji bersama, kemudian pembahasan tajwid, baru setelah itu yang terakhir adalah qultum. MC mengawali kegiatan pembukaan ngabar dengan membaca basmallah bersamasama, selanjutnya MC memimpin acara ini menuju kegiatan inti. Masuk ke kegiatan inti yang pertama yaitu mengaji bersama yang biasanya dipimpin oleh orang yang berbeda tergantung perangkat acaranya. Setelah selesai mengaji, kegiatan selanjutnya yaitu pembahasan tajwid yang sama juga dipimpin oleh perangkat acara yang bertugas. Setelah selesai, dilanjutkan kepada kegiatan qultum. Meski terdapat beberapa kendala jaringan dari para peserta dilihat dari beberapa peserta yang sering keluar masuk room meet, namun Alhamdulillah kegiatan Ngabar ini dapat dihadiri oleh kurang lebih 40 orang disetiap kegiatannya yang merupakan gabungan dari angkatan 2021 sampai 2018.


QUOTES 

Program kerja Quotes merupakan program kerja dari Departemen Keagamaan untuk meningkatkan kreativitas, pengetahuan,serta motivasi bagi seluruh pengurus HMPGSD dan khalayak umum (penonton SW). Adapun quotes ini dijalankan setiap hari dan dibuat oleh pengurus Departemen Keagamaan secara bergiliran tiap harinya. Program ini terealisasi dengan cukup baik. Quotes ini dilakukan sejak 17 Februari 2021. Adapun pembagian jadwal tersebut yaitu : 

Minggu : Nisa Hamidah 

Senin : Restu Nana Irawan 

Selasa : Herviani Nurul Fajriani 

Rabu : Putri Alawiyah 

Kamis : Tisya Annisa Yuliandini 

Jum‟at : Maidina Hasna Kamila 

Sabtu : Dyani Risyda Fauziyah 

Namun terdapat beberapa kendala dan catatan seperti terdapat pengurus Departmen Keagamaan yang lupa membagikan quotes atau dari pengurus HMPGSD yang lupa menyebar quotes. Selain itu, dalam kegiatan program kerja HMPGSD yang besar seperti LKM, PGSD Fair, dsb kegiatan quotes diliburkan terlebih dahulu dan juga dalam kegiatan keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. 


Gerakan Memakmurkan Masjid (GM2)

Program kerja GM2 (Gerakan Memakmurkan Masjid) merupakan salah satu program kerja dari departemen agama, dimana dapat menjadi wadah bagi civitas akademika untuk berbagi khususnya dalam rangka memakmurkan masjid. Untuk GM2 part 1 dengan tema “gerakan 10.000 memakmurkan masjid” ini dilaksanakan dengan penggalangan dana yang dimulai dari 10.000 rupiah. Hasil dari penggalangan dana ini telah di salurkan pada tanggal 23 april 2021 senilai Rp. 390. 000 kepada pihak DKM masjid at- tarbiyah. Selanjutnya, Untuk GM2 part 2 dengan tema “mari jaga dan rawat masjid” dilaksanakan sama seperti GM2 part 1 yaitu dengan penggalangan dana kembali hanya saja pada GM2 part 2 uang hasil donasi yang dikumpulkan sebesar Rp. 80. 000 akan dipakai untuk membayar kebersihan masjid seperti dengan me- laundry alat solat seperti mukena, sarung dan sajadah. Kendala yang dihadapi pada pelaksanan program kerja ini adalah keterbatasan orang untuk menyalurkan dan membatu terlaksananya kegiatan ini, seperti dalam penyaluran alat solat ke tempat laundry dan yang mengambil hasil laundry tersebut. Hal ini dikarenakan terbatasnya waktu dan jarak antar anggota dari departemen agama. 


Ta‟lim Pengurus (TAURUS)

Kegiatan Taurus (ta‟lim pengurus) ini diselenggarakan dengan baik dan lancar. Kegiatan Taurus biasanya dimulai pada malam hari setelah melaksanakan shalat isya terlebih dahulu tepatnya dimulai pukul 19.30 WIB. Sebelum acara dimulai, panitia memutarkan solawat terlebih dahulu. Pukul 19. 30 acara dimulai dengan pembukaan oleh moderator, dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur‟an kemudian dilanjut pemaparan materi yang disampaikan oleh pemateri dan tema yang berbeda setiap pertemuannya, pemaparan materi berisi 70% materi 30% diskusi dengan rentang waktu 45 menit materi dan 15 menit diskusi, dan terkadang melebihi batas waktu sampai pukul 20.51 WIB. Kegiatan ini melibatkan seluruh pengurus HMPGSD, namun karena keterbatasan signal maka masih ada pengurus yang tidak bisa mengikuti kegiatan ini