Open Recruitment Pengurus Baru  HMPGSD Periode 2020 – 2021 UPI Kampus Tasikmalaya

Open recruitment periode 2020 – 2021 ini diawali dengan adanya open house sebagai inovasi dalam rangkaian penerimaan pengurus baru HMPGSD. Open house HMPGSD ini berisi kegiatan yang didalamnya menjelaskan mengenai HMPGSD secara umum, baik itu eksekutif maupun legislatif. Open house ini dilaksanakan dengan konsep yang non formal dan berbincang santai antara calon dan pengurus HMPGSD. Setelah dilaksanakannya Open house, keesokkan harinya dibuka pendaftaran tahap 1 yakni pengisian formulir dari tanggal 30 November sampai tanggal 03 Desember 2020. Tahap ini merupakan seleksi awal dari penerimaan anggota baru HMPGSD. Lalu di tanggal 07 Desember dilaksanakan tes tulis sebagai seleksi tahap ke dua, setelah itu tahap ke tiga yakni wawancara tanggal 13 Desember 2020. Dalam tes wawancara ini yang  dilakukan melalui google meeting dibagi 3 pos sehingga para calon pengurus masuk ke 3 link yang berbeda untuk mengikuti wawancara. Wawancara merupakan tes akhir penerimaan pengurus baru HMPGSD. Hingga di tanggal 20 Desember sudah terdapat 43 pengurus baru dimana sudah mengisi Dewan Legislatif dan Badan Eksekutif HMPGSD Periode 2020 – 2021.


MAKRAB (Malam Akrabinasi) HMPGSD PERIODE 2020 – 2021 UPI KAMPUS TASIKMALAYA

Kegiatan MAKRAB merupakan salah satu upaya mewujudkan harmonisasi antar pengurus lama dan pengurus baru HMPGSD VII UPI Kampus Tasikmalaya periode 2020/2021. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Menjalin Kebersamaan untuk Membangun Keharmonisan Tanpa Batas Melalui Virtual”. Kegiatan ini diisi dengan serangkaian acara yang dimulai dari briefing panitia, pengkondisian peserta, serangkaian acara pembukaan pada pukul 13.04-14.04 WIB oleh pembina baru HMPGSD yaitu bapak Les Pingon, S. Pd., M. Pd.  dan Ibu Istikhoroh Nurzaman, M.Pd.penanggung jawab kegiatan, ketua pelaksana, dan beberapa demisioner dari angkatan I-VI. Setelah rangkaian pembukaan selesai, acara dilanjut dengan bincang-bincang bersama demisioner HMPGSD angkatan I-VI, acara bincang-bincang ini merupakan ajang silaturrahmi dan sharing pengalaman dan prestasi yang sudah terlaksana dan atau belum terlaksana oleh demisioner  periode I-VI, pada saat itu juga demisioner memberikan pesan dan saran bagi pengurus HMPGSD VII, salah satunya dari kang Faisal Muhammad, S. Pd. (demisioner angkatan III) yang menyebutkan bahwa departemen Advokasi dan Pengabdian seharusnya dapat memberikan pengabdian kepada kampus selain dari pengabdian kepada mahasiswa dan masyarakat. Selesai bincang-bincang, pukul 15.38 WIB acara dilanjutkan dengan ISHOMA sampai pukul 16.00 WIB. Acara selanjutnya adalah bincang-bincang per departemen. Dalam acara ini, pengurus baru HMPGSD diberikan link google meet secara acak dan semua harus mencari link yang sesuai dengan penerimaan departemennya dan ketika pengurus baru sudah menemukan link yang sesuai, dilaksanakanlah bincang-bincang perdepartemen. Setelah acara bincang-bincang perdepartemen selesai, waktunya ISHOMA pada pukul 18.00-19.30 WIB, dan acara dilanjut dengan penampilan pensi dari pengurus baru HMPGSD yang dikelompokkan menjadi 6 kelompok.acara hari pertama selesai pada pukul 21.07 WIB. Di hari ke-2 acara dimulai pukul 07.16 dimulai dari briefing panitia, pengkondisian dan tanya jawab kesan selama kegiatan dan pencarian link Google Meet departemen pada pengurus baru HMPGSD, dan serangkaian penutupan yang dimulai dari pukul 08.00, penutupan mencakup pemaparan nama kabinet, SK kepengurusan HMPGSD periode 2020/2021, dan pengukuhan pengurus baru yang kemudian acara ditutup secara resmi oleh pembina HMPGSD VI yaitu bapak Pidi Mohamad Setiadi, M. Pd. Selanjutnya, masuklah sesi foto bersama dan acara selesai.

Pelantikan Pengurus HMPGSD Periode 2020 – 2021 UPI Kampus Tasikmalaya

Tepat pada hari Sabtu, 27 Februari 2021 para pengurus HMPGSD periode 2020 – 2021 resmi dilantik oleh pembina HMPGSD ibu Istikhoroh Nurzaman, M.Pd. kegiatan pelantikan ini dilakukan secara daring melalui virtual meet pada google meeting room dikarenakan keadaan masih belum memungkinkan untuk dilaksanakan kegiatan pelantikan ini secara luring. Kegiatan pelantikan pengurus HMPGSD periode 2020 – 2021 ini dihadiri oleh pembina HMPGSD Bapak Les Pingon, M.Pd. serta Ibu Istikhoroh Nurzaman, M.Pd., tak terlewat juga alhamdulillah kegiatan pelantikan ini dapat dihadiri juga oleh demisioner HMPGSD kang Hari Ahmad Zulfikar, S.Pd. yang turut serta dalam perintisan HMPGSD ini dulunya. Kegiatan pelantikan pengurus HMPGSD periode 2020 – 2021 dihadiri oleh seluruh pengurus HMPGSD 2020 – 2021 dengan jumlah rincian pengurus Dewan Legislatif sebanyak 22 orang, dan pengurus Badan Eksekutif sebanyak 50 orang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan lancar dan khidmat dengan dibacakannya SK Kepengurusan HMPGSD periode 2020 – 2021 oleh Bapak Les Pingon, M.Pd. dan pengambilan Sumpah Jabatan oleh Ibu Istikhoroh Nurzaman, S.Pd. Kegiatan pelantikan ini berlangsung tidak cukup lama, diakhiri dengan prakata dari para pembina dan juga demisioner HMPGSD, Ibu Istikhoroh Nurzaman, M.Pd menyampaikan pesan kepada para pengurus untuk senantiasa aktif menjalankan 4K nya yaitu ‘Komunikatif’ dengan artian siap untuk berinteraksi dengan para pimpinan baik pimpinan ormawa ataupun para pimpinan lembaga, selanjutnya ‘Kolaboratif’ dengan selalu menjunjung tinggi kerjasana, dan ‘Komitmen’ serta ‘Kompetitif’. Selanjutnya prakata yang disampaikan oleh pembina HMPGSD selanjutnya Bapak Les Pingon S.Pd. dengan menyampaikan pesan untuk selalu menerapkan prinsip 3S yaitu 'santai, serius dan sukses’ dalam menjalankan setiap program himpunan. Dan yang terakhir yaitu prakata dari Demisioner HMPGSD Kang Hari Ahmad Zulfikar, S.Pd dengan menyampaikan amanat agar senantiasa menjaga komunikasi dan  koordinasi, ucapnya ‘pandemi jangan jadi penghalang untuk tetap berproses, terus menggali potensi diri sendiri agar bisa diintegarasikan atau dikolaborasikan dengan berbagai proker Himpunan, tetap berproses baik di lingkungan masing-masing terkhusus di himpunan, dan ditutup dengan perkataan “selamat menggila di HMPGSD”. 

 

OLI (Obrolan Lintas Prodi) HMPGSD PERIODE 2020 – 2021 UPI KAMPUS TASIKMALAYA

Pandemi bukan lagi menjadi halangan untuk kita terus berkembang, pandemi ini justru  membuka relasi seluas mungkin agar kita dapat menjalin silaturahmi dengan banyak orang.  Minggu, 21 Maret 2021 Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMPGSD)  telah berhasil melaksanakan kegiatan dalam rangka menjalin silaturahmi bersama Prodi lain.  Program kerja OLI (Obrolan Lintas Prodi) ini telah berhasil mempersatukan HMPGSD  dengan HIMA PGPAUD di dalam ruang virtual Zoom Cloud Meeting Room yang dihadiri  oleh sebagian besar pengurus HMPGSD dan HIMA PGPAUD beserta Pembina dari HIMA  PGPAUD. Dalam Kegiatan ini para pengurus saling berkenalan dimulai HMPGSD selanjutnya HIMA PGPAUD. Lalu dilanjutkan dengan sharing proker antar himpunan. Dan diakhiri dengan permainan juga foto bersama. Pada hari ini tepatnya hari sabtu 19  Juni 2021 OLI kedua dilaksanakan kembali oleh HMPGSD dengan ASSET Kewirausahaan di dalam ruang virtual Zoom Cloud Meeting Room yang dihadiri oleh sekitar lebih dari 100 orang yang merupakan sebagian besar pengurus HMPGSD dan ASSET beserta Pembina dari ASSET. . Dalam Kegiatan ini para pengurus saling berkenalan dimulai HMPGSD selanjutnya ASSET. Lalu dilanjutkan dengan sharing proker antar himpunan. Selesai dilaksanakannya diskusi antar departemen atau komisi tersebut, selanjutnya seluruh pengurus kembali ke room utama untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu ice breaking dengan penyampaian pesan, kesan serta harapan dari adanya kegiatan OLI (Obrolan Lintas Prodi) ke-2 ini dan tebak tebakan gambar. Setelah dilaksanakannya Program kerja OLI (Obrolan Lintas Prodi) yang pertama bersama HIMA PGPAUD, OLI kedua dilaksanakan bersama dengan ASSET Kewirausahaan, dan sekarang tepatnya hari Selasa 31 Agustus 2021, kami kembali melaksanakan OLI ke-3 bersama DIGNITY yang merupakan HIMA Prodi Bisnis Digital UPI Tasikmalaya. Dengan konsep yang sama, karena OLI ini memiliki tujuan untuk menjalin kerja sama dengan HIMA tiap prodi untuk kedepannya. Selesai dilaksanakannya diskusi antar departemen atau komisi tersebut, selanjutnya seluruh pengurus baik dari HMPGSD maupun DIGNITY kembali ke room utama untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu ice breaking dengan penyampaian pesan, kesan serta harapan dari adanya kegiatan OLI (Obrolan Lintas Prodi) ke-3 ini.

 

HMPGSD x HIMAPRO PGSD FIP UPI UPI KAMPUS TASIKMALAYA 2021

Dalam kondisi seperti saat ini, dimana semua orang sudah merasakan kejenuhan dengan rutinitas sehari-harinya yang hanya berinteraksi dengan lingkungan sekitar saja, sebab itu HMPGSD UPI Kampus Tasikmalaya pada hari minggu, 28 Maret 2021 berhasil melakukan Studi Banding ke HIMAPRO PGSD FIP UPI dengan tujuan mencari pengalaman serta pembelajaran sebagai bentuk refreshing pengurus dengan bisa saling berkomunikasi atau bertukar informasi bersama pengurus diluar HMPGSD. Kegiatan Studi Banding ini dlaksanakan dengan penuh kelancaran yang dimulai pukul 8.50 secara virtual melalui Zoom Meeting Room yang dihadiri langsung oleh para pembina dari masing-masing himpunan prodi, serta sambutannya dengan berkata bahwa “Studibanding ini sangat penting untuk menyamakan segala hal di himpunan, seperti penyamaan persepsi dan penguatan kompetensi sosial.” yang sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Setelah pembukaan kegiatan berlanjut dengan perkenalan pengurus dari masing-masing himpunan yang dipandu oleh masing-masing ketua baik dari HMPGSD maupun dari HIMAPRO PGSD FIP UPI. Selepas itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan program kerja dari HMPGSD terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh HIMAPRO. Acara utama dalam Studi Banding ini yaitu sharing santai antar departemen ataupun komisinya, guna bisa saling bertukar fikiran dengan sama-sama melakukan penyelarasan ataupun perbandingan baik dari segi program kerja ataupun kondisi internal himpunannya, dengan harapan mampu  menjadikan himpunan masing-masing lebih maju dan lebih baik lagi dalam menjalankan roda kepengurusannya. Selesai dilaksanakannya diskusi antar departemen atau komisi tersebut, selanjutnya seluruh pengurus kembali ke room utama untuk sedikitnya melakukan peregangan atau ice breaking sesaat dengan menyampaikan pesan dan kesannya selama mengikuti Studi Banding ini, dan tanpa diduga selesai melakukan sharing antar departemen atau komisi ini hampir seluruh pengurus menjadi aktif dengan sama-sama saling melontarkan candaannya yang membuat suasana tampak lebih hangat dan menciptakan keakraban antar sesama pengurusnya. Akhir kegiatan, dilakukannya penutupan secara nonformal yang ditutup langsung oleh penanggungjawab kegiatan atau Ketua Umum HMPGSD UPI Kampus Tasikmalaya, dan selanjutnya dilakukan foto bersama seluruh pengurus. 

 

KONSENSUS PENGURUS HMPGSD PERIODE 2020 – 2021 UPI KAMPUS TASIKMALAYA

Kegiatan konsensus diselenggarakan dengan baik dan lancar. Konsensus dimulai dengan pembukaan oleh MC lalu dilanjutkan dengan pembacaan Al-quran. Ketua Departemen PSDO dan Penanggung Jawab kegiatan konsensus memberikan sambutan. Kegiatan inti dari konsensus diawali dengan pemaparan kondisi dari setiap departemennya oleh para ketua departemen. Setelah itu beberapa orang dari pengurus BE HMPGSD menyampaikan keluh kesah, saran, kritik, maupun menanggapi pernyataan yang disampaikan. Setelah itu dilanjutkan dengan games, games ini dilakukan untuk lebih saling mengenal dan mempererat rasa kekeluargaan. Kehadiran peserta tidak sepenuhnya, terlihat dipertengahan acara ada sekitar 37 orang karena beberapa orang berhalangan hadir. Kegiatan konsensus diselenggarakan dengan baik dan lancar. Konsensus dimulai dengan pembukaan oleh MC lalu dilanjutkan dengan pembacaan Al-quran. Ketua Departemen PSDO dan Penanggung Jawab kegiatan konsensus memberikan sambutan. Kegiatan inti dari konsensus diawali dengan pemaparan kondisi dari setiap departemennya oleh para ketua departemen tetapi karena ada beberapa ketua departemen yang terkendala sehingga digantikan oleh anggota departemennya. Setelah itu beberapa orang dari pengurus BE HMPGSD menyampaikan keluh kesah, saran, kritik, menyampaikan pertanyaan, maupun menanggapi pernyataan yang disampaikan. Setelah itu dilanjutkan dengan games, games ini dilakukan untuk lebih saling mengenal dan mempererat rasa kekeluargaan. Kegiatan konsensus diselenggarakan dengan baik dan lancar. Konsensus dimulai dengan pembukaan oleh MC lalu dilanjutkan dengan pembacaan Al-quran. Ketua Departemen PSDO dan Penanggung Jawab kegiatan konsensus memberikan sambutan. Kegiatan inti dari konsensus diawali dengan pemaparan kondisi dari setiap departemennya oleh para ketua departemen tetapi karena ada beberapa ketua departemen yang terkendala sehingga digantikan oleh anggota departemennya. Setelah itu beberapa orang dari pengurus BE HMPGSD menyampaikan keluh kesah, saran, kritik, menyampaikan pertanyaan, maupun menanggapi pernyataan yang disampaikan. Setelah itu dilanjutkan dengan games, games ini dilakukan untuk lebih saling mengenal dan mempererat rasa kekeluargaan.

 

UPGRADING PENGURUS HMPGSD PERIODE 2020 – 2021 UPI KAMPUS TASIKMALAYA

Semua orang sudah merasakan kejenuhan dengan rutinitas sehari-harinya yang hanya serba dibatasi, oleh sebab itu PSDO pada hari sabtu, 27 Februari 2021 berhasil melakukan kegiatan Upgrading yang ke-1, dengan tujuan mampu mengatasi kejenuhan dalam berorganisasi, dan mampu meng-ugrade pengurus HMPGSD agar bisa bekerja dengan optimal meskipun dalam keadaan yang sedang tidak mendukung, seperti banyak masalah di dalam/ luar himpunan yang menganggu pada amanah yang telah diberikan. Sebelum acara perkenalan dimulai, panitia memaparkan dahulu terkait aturan dan arahan kepada semua pengurus HMPGSD. Kemudian sesi perkenalan dimulai, yang diperkenalkan minimal nama, asal kelas, dan asal daerah satu sama lain antar departemen/komisinya . Kegiatan Upgrading yang dilaksanakan di Google Meet sudah dilaksanakan dengan baik dan efisien, sesuai dengan kondisi yang terbatas. Upgrading  ke dua ini dilaksanakan secara Blanded di kampus dan online dalam google meet pada tanggal 15 Juni 2021. Untuk upgrading kedua ini kegiatannya sangat non – formal. Karena diawali dengan perkenalan secara langsung khusunya bagi pengurus HMPGS yang melaksanakan upgrading offline. Setelah itu dilanjutkan dengan games dimana setiap pengurus baik yang offline maupun online mengirimkan pesan yang langsung ditujukan pada orang nya, tetapi dibacakan secara acak. Untuk yang offline dalam sebuah kertas, dan untuk yang online dalam form. Lalu kegiatan ditutup dengan makan bersama atau ngaliwet Upgrading ketiga kembali dilaksanakan dengan konsep  blanded. Dimana untuk yang offline di cirahong Ciamis dan online di Google meet pada tanggal 03 Oktober 2021. Dalam upgrading ketiga ini dengan konsep yang hampir serupa dengan upgrading ke dua, tetapi nama pengirim nya di samarkan. Upgrading ketiga ini terkesan sangat seru juga sedikit terharu karena merupakan uprgarading yang terakhir. Kegiatan diakhir dengan makan bersama juga berfoto bersama.

 

ONE DAY WITH PRODI  HMPGSD UPI KAMPUS TASIKMALAYA 2021

Tahun ajaran baru sudah dimulai, begitupun dengan kehidupan baru di kampus kini sudah kedatangan mahasiswa baru angkatan 2021, khususnya di Prodi S1 PGSD. Sebagai jembatan antara mahasiswa dan juga Prodi S1 PGSD, maka Himpunan Mahasiswa PGSD mengadakan kegiatan One Day With Prodi, dimana acara ini diperuntukan sebagai langkah awal mahasiswa baru mengenali dan membuka pintu pengetahuan mahasiswa akan ke PGSD-an. Rangkaian acara ini cukup singkat karena menyesuaikan jatah waktu yang diberikan oleh panitia MOKAKU. Rangkaian kegiatannya terdiri dari pengenalan Prodi S1 PGSD yang disampaikan oleh Dr. Dian Indihadi, M.Pd. dengan slogan baru yang kini mulai diramaikan yaitu “No PGSD, No Dreaming”. Sebagai salah satu bentuk untuk memotivasi para mahasiswa baru bahwa kita tidak boleh malu, dan malah harus bangga dengan masuk di Prodi S1 PGSD, karena tidak mudah mendapatkannya dan banyak sekali jalan untuk meraih prestasi di Prodi S1 PGSD, baik akademik maupun non akademik. Kegiatan selanjutnya yaitu talkshow bersama pembina HMPGSD ibu Istikhoroh Nurzaman, M.Pd., kemudian Ketua BE HMPGSD Aji Muhamad Nurfauzi dan juga Bendahara DL HMPGSD Adinda Widia Febrianti. Dalam Talkshow ini membahas seputar ke organisasi-an HMPGSD dan memotivasi para mahasiswa baru agar bisa ikut serta aktif dalam mengikuti kegiatan ke-organisasian di UPI Kampus Tasikmalaya. Kegiatan One Day With Prodi ini dilaksanakan secara blended, dimana sebagian panitia berkumpul di ruang Auditorium UPI Kampus Tasikmalaya, dan sebagian lagi begitu dengan peserta One Day With Prodi ini meet melalui Zoom Meeting. 

 

MASA BIMBINGAN HMPGSD UPI KAMPUS TASIKMALAYA 2021

Masa Bimbingan merupakan salah satu pengkaderan yang ada di prodi S1 PGSD. Himpunan Mahasiswa PGSD mengadakan kegiatan Masa Bimbingan bertujuan untuk mengenalkan dunia kampus serta menjalin kekeluargaan antara mahasiswa baru dan warga UPI Kampus Tasikmalaya. MABIM tahun 2021 ini bertema PSIKOLOGI ((Persiapkan Kolaborasi Mahasiswa Baru Yang Bersinergi). Pramabim dilaksanakan pada tanggal 5 September 2021 dengan rangkaian kegiatan acara diantaranya pembukaan yang dihadiri oleh Pembina HMPGSD yaitu Ibu Istikharah Nurzaman, M.Pd dan Kaprodi PGSD yaitu Bapak Dr. Dian Indihadi, M.Pd. Acara pramabim ini juga bukan hanya pembukaan kegiatan tetapi ada pematerian yang disampaikan oleh alumni PGSD yaitu Neneng Widya Sopa Marwa, S.Pd yang memberikan materi mengenai Achivment. Selain itu ada Risma Mutmainah, S.Pd yang memberikan materi mengenai Media Pembelajaran. Setelah pembukaan dan pematerian ada juga kegiatan mentoring perkelompok yang mengulas mengenai materi yang telah disampaikan. Kegiatan mabim ini dilakukan secara fleksible menyesuaikan dengan jadwal perkuliahan dari tanggal 6-10 September 2021. Materi yang harus disampaikan kepada para menti yaitu mengenai motivasi berorganisasi, kemampuan manajerial waktu, pengenalan kelembagaan dan ormawa, kecerdasan emosional dan spiritual. Tugas mabim yang diberikan adalah 30 mimpi, roadmap pribadi lalu dipresentasikan oleh setiap mentinya, media pembelajaran yang dikerjakan secara berkelompok dan dikumpulkan dalam bentuk guide book. Penutupan acara mabim dilaksanakan pada tanggal 11 september 2021 yang ditutup oleh bapak Dr. Dian Indihadi, M.Pd. Kegiatan penutupan ini diisi oleh penampilan pentas seni yang berasal dari para menti. Adapun pengumuman menti terbaik, mentor terbaik dan terfavorite, kelompok terbaik, serta media pembelajaran terbaik.

 

LKM PGSD UPI KAMPUS TASIKMALAYA 2021

LKM PGSD adalah suatu kegiatan pengkaderan tingkat prodi di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya. LKM PGSD pada tahun ini mengusung tema Leadership: From Zero to Hero. LKM PGSD dilaksanakan secara daring dalam rentang waktu dua hari, yaitu pada hari Sabtu-Minggu tanggal 18-19 September 2021. Serangkaian acara LKM PGSD 2021, yaitu meliputi check in dan briefing panitia, pengecekan perlengkapan peserta, acara pembukaan, pemateri 1-7, pemilihan ketua angkatan 2021, evaluasi oleh komdis, acara penutupan, aspirasi oleh Dewan Legislatif, evaluasi oleh Dewan Legislatif, dan tentunya terdapat waktu-waktu tertentu untuk panitia dan peserta melakukan ISHOMA. Pada hari Sabtu (18/9) telah dilaksanakan hari pertama Latihan Kepemimpinan Mahasiswa PGSD UPI Kampus Tasikmalaya 2020 secara daring via aplikasi Zoom. Sebelum melaksanakan LKM PGSD ini, pada pukul 05.30-06.15 para panitia melaksanakan check in dan briefing terlebih dahulu, agar acara berjalan dengan lancar. Kemudian pada pukul 06.43-07.55 dilakukan pengkondisian dan juga cek perlengkapan peserta dipandu oleh acara dan komisi disiplin di breakout room. Acara pembukaan dilaksanakan pada pukul 08.02-08.41 WIB yang dipandu oleh Selin Nadia Alwini dan Alfiyah Maulani selaku MC Formal. Rangkaian acara pembukaan, yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur’an (Q.S. Al-‘Alaq) oleh Restu Nana, menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, kemudian laporan ketua pelaksana oleh M Yosi, sambutan selanjutnya disampaikan oleh penanggung jawab Aji Muhammad Nurfauzi,  acara dibuka secara resmi oleh Pembimbing Kemahasiswaan UPI Kampus Tasikmalaya, H. Anggi Maulana Rizqi, Dipl., Lc., M.A. Selanjutnya ditutup dengan doa oleh Restu Nana. Setelah pembukaan, dilanjut dengan acara non formal,  pengkondisian peserta sebelum pematerian pada pukul 08.42-09.39 WIB oleh Herviani Nurul Fajriyah dan Ayu Syarifatunnisa. Pematerian ke 1 dilaksanakan pada pukul 09.53-11.12 WIB , yaitu Stadium General oleh Faisal Muhammad, S.Pd. dan Amanda Aulia Rahmatika sebagai moderator. 11.43-12.30 ISHOMA. Pematerian ke 2 dilaksanakan pada pukul 12.47-13.57 WIB, yaitu Sejarah Pergerakan Mahasiswa serta Kebijakan dan dinamika organisasi Mahasiswa oleh Endang Sutanto, dan Aji Muhammad Nurfauzi sebagai moderator. “…Pergerakan mahasiswa bisa melalui berbagai cara baik lisan maupun tulisan…”, Endang Sutanto. Untuk mendinginkan pikiran dilaksanakan ice breaking dipandu oleh Pathin dan Syahnaz dari pukul 13.57-14.27. Kemudian dilanjut ISHOMA sampai pukul 15.30 Pematerian ke 3 pada pukul 15.30-17.10 WIB dengan materi tentang ” Manajemen Organisasi dan Konsep Kepemimpinan” oleh Asep Ahid, S.Si. dan Zam Zam Jamaludin sebagai moderator. “…Cukupkan waktu untuk diri sendiri, perbanyak waktu untuk orang lain..”. Setelah pematerian selesai, pada pukul 17.18 dilaksanakan evaluasi oleh KOMDIS. Dikarenakan waktu untuk sholat magrub telah tiba evaluasi diberhentikan dilanjut pada pukul 18.15 dan selesai pada pukul 19.03. Pada pukul 19.30 evaluasi panitia berlangsung di ruang PKM UPI Kampus Tasikmalaya, dan dalam virtual meet.  Dan serangkaian acara LKM PGSD UPI Kampus Tasikmalaya 2020 hari pertama telah selesai. Di hari berikutnya (19/09), pelaksanaan LKM dimulai pukul 05.30-5.45 dengan agenda briefing panitia, lalu pengkondisian peserta dan pengarahan peserta masuk ke breakout room masing-masing distrik untuk pengecekan persyaratan peserta (pembacaan MoU oleh divisi acara) pukul 06.00-07.50. Kegiatan dilanjutkan pada pengkondisian peserta untuk persiapan pematerian dengan dipandu oleh mc non formal, yaitu Sahnaz Shalihah dan Ayu Syarifatunnisa. Pada pukul 08.17, pematerian dimulai dengan petikan meriah “Hidup Mahasiswa” oleh moderator Dwi Anjani. Materi “Teamwork “ dengan pemateri Pajar Reza Pitria ini memberikan banyak wawasan mengenai dinamika mahasiswa dan urgensi berorganisasi, sehingga dari pematerian pertama disimpulkan bahwa organisasi diartikan juga sebagai team (together, everyone, achieve, more) dengan deskripsi bahwa setiap organisasi harus memiliki aspek teamwork yang kuat, kebersamaan, pengalaman, dan prestasi, dan selain itu optimalkan masa muda. Pematerian kedua dimulai pada pukul 09.21-10.53 dengan materi “Manajemen rapat dan Kegiatan serta Problem Solving oleh Sulvia Syahrul dengan dipandu moderator yaitu Umi Khilda. Materi disampaikan dengan ringkas, dan penuh makna. Terdapat poin penting dalam pematerian kedua yaitu dalam pengambilan keputusan perlu mempertimbangkan banyak aspek, dan setiap permasalahan pasti punya solusinya. Pematerian ini dikemas menarik dengan melibatkan peserta untuk menyelesaikan suatu contoh kasus permasalahan. Untuk mengabadikan kegiatan tersebut, dilakukan foto bersama pada pukul 10.54. Selanjutnya, pada pukul 11.00 moderator Rendi Rizki membacakan cv pemateri Risman Fauzi. Materi “Aksi dan Simulasi Aksi” dipaparkan secara rinci dan singkat dari pukul 11.11-12.06. Selanjutnya, komisi kedisiplinan melanjutkan kegiatan sampai pukul 12.27 untuk mengecek kondisi peserta (memperhatikan pematerian). Pada pukul 12.28-12.50 istirahat.  Materi terakhir yaitu “Sidang dan Simulasi” dipaparkan oleh Neneng Widya dari pukul 12.45-13.57 dengan lengkap dan menarik. Dalam pematerian ini, disimpulkan bahwa syarat sah pelaksanaan sidang terkait dengan banyaknya peserta sidang hadir dalam persidangan. Dan materi persidangan ini banyak diperlukan dalam pengambilan keputusan secara formal dan dalam konteks urusan atau pelaksanaan penting.  Pada pukul 13.58 pemandu acara, alfiyah dan herviani mengajak peserta untuk meregangkan tubuhnya dan menenangkan diri peserta agar tidak pegal dan tidak lelah dalam menulis materi. Setelah itu, pada pukul 14.00-15.18 diadakan pemilihan ketua angkatan tahun 2021, dengan dimulai dari pemaparan visi dan misi calon ketua angkatan, tanya jawab calon ketua angkatan, hingga vote ketua angkatan melalui google form Selanjutnya, pada pukul 15.37-15.57 penutupan kegiatan LKM (Latihan Kepemimpinan Mahasiswa) PGSD dilaksanakan secara tertib dan dihadiri oleh ketua Prodi PGSD, Pembina HMPGSD, Panitia pelaksana dan pengawas, serta peserta LKM PGSD 2021. Dari penutupan ini, diharapkan segala bentuk luaran dapat menjadi produk terbaik untuk diri peserta dan juga semua yang terlibat dalam kegiatan ini. Pada pukul 16.00, ketua pelaksana mengumumkan hasil vote calon ketua angkatan, dan menyebutkan ketua angkatan 2021 jatuh pada saudara Risman perwakilan kelas 1D PGSD. Selain itu, diumumkan juga presentasi luaran kegiatan dan pengumuman surat kelulusan peserta LKM. Kemudian, pada pukul 16.10 Komisi Kedisiplinan mengadakan evaluasi pada peserta hingga pukul 17.40. Selama evaluasi berlangsung, suasana cukup ricuh dan haru karena sebagian peserta masih melakukan kesalahan yang sama seperti di hari pertama. Pada pukul 17.41 kegiatan evaluasi selesai, dan acara dipandu oleh MC non formal, yaitu Sahnaz dan Sellin. Setelah itu, peserta memberikan kesan-kesan selama LKM berlangsung dan foto bersama. Setelah kegiatan selesai, Pada pukul 18.30 evaluasi panitia berlangsung di ruang PKM UPI Kampus Tasikmalaya, dan dalam virtual meet.  Alhamdulillahirrobil ‘alamiin, serangkaian acara LKM PGSD UPI Kampus Tasikmalaya telah selesai dilaksanakan. Terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait. Jazaakumullahu Khayran Katsiran.