HMPGSD Show Up

HMPGSD SHOW UP merupakan kegiatan untuk penyebaran angket minat dan bakat dan angket kewirausahaan mahasiswa (Akma), yang kemudian setelah semua datanya terkumul dan direkap akan kami tindak lanjuti. Penyebaran angket yang biasanya kita datang ke tiap – tiap kelas, karena kondisi sedang pandemi sehingga penyebaran angket dilakukan  melalui Google Form. Kami melaksanakan penyebaran angket mulai dari tangga 10 – 22 Februari 2021 dan alhamdulliah dapat tersebar dengan baik.

 


SEBLAK (Segala bentuk lapangan kewirausahaan)

Tindak lanjut angket kewirausahaan melalui promosi di instagram HMPGSD

Setelah melakukan pendataan terkait kewirausahaan mahasiswa atau pendataan terhadap mahasiswa yang akan berwirausaha atau sedang berwirausaha yang berbarengan dengan angket minat dan bakat, departemen minat dan bakat membantu mereka dengan cara melakukan promosi melalui Instagram HMPGSD secara serentak pada tanggal 11 September 2021, agar usaha mereka bisa diketahui dan dikenal oleh khalayak ramai.

Pembuatan KTA dan PIN pengurus HMPGSD

Pendataan pembuatan KTA dan PIN pengurus himpunan dilaksanakan bersamaan dengan pendataan baju pengurus  himpunan pada tanggal  3 Maret 2021. Kebetulan tempat pembuatan KTA dan PIN dalam satu tempat dengan baju pengurus sehingga semakin mempermudah dan selesainya berbarengan.

Pembuatan baju pengurus HMPGSD

Departemen minat dan bakat melakukan pendataan pembuatan baju pengurus himpunan pada tanggal  3 Maret 2021. Setelah semua pengurus terdata kemudian, kami melakukan survey ke beberapa tempat untuk pembuatan baju. Kami mendapat banyak masukan dan setelah diperhitungkan dari harga dan kualitas kami menggunakan jasa dari Wyabansyah konveksi untuk pembuatan baju pengurus periode ini. Setelah melakukan kontak dan mendapat bantuan dari teman – teman himpunan yang dekat dengan konveksi tersebut alhamdullilah seluruh baju pengurus himpunan selesai dibuat dan bisa diambil oleh seluruh pengurus pada tanggal 20 Mei 2021.

Pembuatan Batik Prodi untuk seluruh mahasiswa PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

Pembuatan baju batik prodi dimulai dengan pendataan pada tanggal 12 Sepetember 2021, karena harus menunggu data fix dari penerimaan mahasiswa baru dan data fix dari mahasiswa angkatan sebelumnya karena pada periode ini departemen minat dan bakat harus membuat baju prodi untuk dua angkatan yaitu angkatan 2020 dan 2021. Agar memudahkan koordinasi dan memfixkan jumlah mahasiswa setiap kelas kami membuat grup perwakilan tiap kelas yang terdiri dari bendahara dan ketua kelas. Setelah seluruh data fix dan pembayaran lunas, sebanyak 337 kain batik prodi di pesan, dan alhmadullilah bisa dibagikan serentak pada tanggal 1 Oktober 2021 yang dilaksanakan di kampus.




Merchandise HMPGSD

Merchandise HMPGSD merupakan program pengganti dari program kerja baju batik prodi. Perancangan program ini mulai dibahas sejak bulan maret dan menghasilkan sistem yang akan dipakai yaitu sistem Pre – Order (PO). Kemudian berselang beberapa bulan kami mencoba mencari referensi berbagai produk yang bisa ditawarkan dalam usaha mrchandise ini dan mulai mendesainnya. Setelah itu mulai bertanya – tanya juga mengenai tempat – tempa pembuatan merchandise di sekitaran wilayah tasik untuk bisa diajak bekerjasama, namun ternyata tidak mudah untuk mencari tempat yang langsung bisa memproduksi dalam jumlah dan variasi barang yang berbeda – beda. Kami juga mulai menyusun platform apa yang cocok dan mencoba membuat IG bisnis untuk mempromosikan usaha merchandise ini. Seiring berjalannya waktu ternyata usaha yang awalnya dimulai dengan penuh percaya diri tidak selalu berjalan baik, dan memang membangun usaha dengan berbagai resiko tidak bisa instant langsung berjalan mulus dan lancar, belum ada produksi yang dilakukan karena ada berbagai pertimbangan melihat kondisi pada saat ini yang tidak menentu, sehingga harus diperkuat lagi bagaimana kedepannya usaha ini akan berkembang lebih maju. Tetapi alhamdullilah setidaknya dasar dari usaha sudah terbentuk, seperti bagaimana sistemnya, seperti apa produknya, logo dan sebagainya, serta penciptaan platform untuk promosi dan sebagainya sudah ada, sehingga kalau periode selanjutnya tetap ingin berjalan maka tinggal diperkuat dan dilanjutkan sampai memberikan hasil yang diinginkan.

 


PGSD Fair

PGSD Fair merupakan program kerja kolaborasi antara Departemen Minat dan Bakat dengan Badan Pengurus Harian (BPH). Pada kegiatan PGSD Fair ini departemen minat dan bakat berperan dan ikut serta menyelenggarakan perlombaan oleh divisi kemikatan yang terdiri dari lomba SD dan juga lomba untuk mahasiswa. Kegiatan PGSD Fair ini sendri dilaksanakan pada tanggal 25 – 26 September 2021. Di hari pertama pada tanggal 25 September 2021, diadakan lomba untuk SD yaitu lomba nyanyi tunggal yang dilaksanakan dengan pengumpulan file video dan dikuti oleh 28 peserta dari berbagai SD. Kemudian lomba SD lainnya yaitu lomba baca puisi yang ikuti oleh 26 peserta dimana video baca puisi mereka di upload di Instagram. Untuk lomba mahasiswa yang pertama ada lomba poster kolase yang diikuti oleh 4 peserta  Mahasiswa prodi PGSD. Yang kedua ada lomba video kreatif, lomba video kreatif ini sebenarnya merupakan program kerja departemen infokom yang berkolaborasi juga dengan PGSD Fair, karena termasuk dalam lomba kemikatan sehingga lomba ini dimasukan kedalam divisi kemikatan namun untuk PJ tetap dari departemen Infokom, lomba video kreatif ini sendiri diikuti oleh 4 peserta. Terakhir ada lomba hasta karya, lomba ini merupakan lomba adaptasi dari tahun sebelumnya dan diikuti oleh 8 peserta. Untuk pengumuman semua pemenang lomba kemikatan ini dilaksanakan pada hari ke – 2 PGSD Fair yaitu tanggal 26 September 2021.

 


Festival Budaya (Karnaval Budaya dan Festival Kuliner)

Festival budaya merupakan program gabungan dari karnaval budaya dan festival kuliner. Program ini juga terintegrasi dengan PGSD Fair yaitu dilaksanakan berbarengan pada tanggal 26 Oktober 2021 dengan mengangkat tema Lesdarsi (Lestarikan Budaya dalam Mengukir Prestasi). Sistem perlombaan festival budaya ini yaitu diperlombakan untuk setiap angkatan dari angkatan 1 – 4 PGSD UPI Tasikmalaya, dimana setiap angkatan membuat karya bebas dan se kreatif mungkin berupa video tentang kebudayaan nusantara. Seluruh karya dari setiap angkatan dalam festival budaya ini kemudian ditayangkan pada hari ke – 2 PGSD Fair sekaligus mengumumkan juaranya. Diambil 2 karya terbaik yaitu dari angkatan 2020 sebagai karya terrbaik dan angkatan 2021 sebagai karya terfavorit.



Bulan Bahasa X PGSD Show UP

Bulan bahasa merupakan kegiatan peringatan bulan oktober sebagai bulan bahasa. Pada periode ini bulan bahasa berkolaborasi dengan PGSD Show UP yang merupakan program untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa khususnya dalam kondisi pandemi saat ini yang masih serba online sehingga dengan beberapa pertimbangan keduanya dikolaborasikan dalam perlombaan Tik – Tok Challenge dengan tema “Lestarikan Bahasa Melalui Aplikasi Kekinian” yang diharapkan dengan adanya kegiatan ini mahasiswa mampu ikut serta berperan melestarikan bahasa sekaligus menunjukan minat dan bakat mereka melalui aplikasi yang sedang trend, sehingga aplikasi tersebut tidak hanya memberikan konten – konten menghibur saja, tetapi juga ada konten pendidikannya, salah satunya menggerakan untuk bisa melestarikan bahasa. Kegiatan ini dilaksanakan dimulai pada tanggal 25 – 31 Oktober yang meliputi pendaftaran, pengumpulan karya, penjurian, dan pengumuman juara.

 


Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) VI

Kegiatan PPDN VI ini merupakan bentuk tindak lanjut dari tujuan departemen minat dan bakat yaitu mewadahi minat dan bakat mahasiswa, serta menjembatani mahasiswa dalam lomba – lomba atau kegiatan – kegiatan yang berkaitan dengan minat dan bakat mahasiswa. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 30 April – 28 Juni, diawali dengan sosialisasi dan penyebaran form pendaftaran bagi mahasiswa yang berminat mengikuti lomba PPDN VI ini. Setelah tahap sosialisasi selesai dan penjaringan pesertapun sudah memenuhi kuota, selanjutnya peserta diarahkan untuk bergabung kedalam grup Whatsapp untuk mendapat informasi lanjut dan akan adanya bimbingan berdasarkan mata lomba masing – masing. Memasuki awal dan pertengahan juni peserta mulai diarahkan untuk menyusun naskah dan karya sesuai mata lomba masing – masing serta melaksanakan fiksasi kesanggupan keikutsertaan sebelum kemudian didaftarkan serentak oleh panitia kampus kepada panitia pusat yang berada di Universitas Islam Negeri Sultan Agung Semarang. Pendaftaran kepada panitia pusat telah selesai, selanjutnya peserta melalui beberapa tahap mulai dari pembukaan, seleksi tahap satu, seleksi tahap dua dan sampai pengumuman kejuaraan serta penutupan. Alhamdullilah perwakilan dari UPI Tasikmalaya dapat mengukir prestasi yaitu dalam mata lomba LKTI sebagai juara 2.