Majalah Dinding (Mading)

Mading merupakan bagian dari program kerja Mermed (Memberdayakan Media). Mading dilaksanakan setiap 2 minggu sekali dengan bentuk mading seperti buletin. Pembuatan mading dilakukan dengan departemen infokom meminta bahan materi ke setiap departemen yang ada di hmpgsd sesuai jadwal yang telah ditentukan sebelumnya oleh departemen infokom. Setelah bahan materi diberikan, departemen Infokom membuat mading dalam bentuk buletin. Kemudian mading disebarkan ke sosial media dan diharapkan dari mading tersebut mendapat informasi dan pengetahuan. 

 


Jumpa Pers

Jumpa pers merupakan salah satu program kerja dari departemen informasi dan komunikasi (infokom), dimana jumpa pers ini dilakukan dengan cara wawancara. Sasaran dari kegiatan ini yaitu ketua pelaksana dan tamu undangan dalam suatu acara besar yang diselenggarakan oleh HMPGSD UPI Tasikmalaya. Wawancara terhadap ketua pelaksana dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ditujukan untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan diadakannya kegiatan p2m dan memenuhi salah satu program kerja dari departemen informasi dan komunikasi. Kegiatan jumpa pers ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa tingkat atas yang belum tau banyak tentang pengabdian pada masyarakat.

 


Photo Challenge

Photo challenge adalah kompetisi foto yang mana merupakan salah satu program kerja dari departemen informasi dan komunikasi (infokom). Kegiatan ini dikhususkan untuk Mahasiswa PGSD UPI Kampus Tasikmalaya. Foto yang di unggah merupakan hasil karya sendiri, belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi serupa. Dalam hal ini peserta bertanggung jawab penuh atas hasil karya tersebut, apabila peserta mengunggah bukan hasil karya sendiri maka harus siap menerima konsekuensinya.

 

  


Lomba Video Kreatif

Kegiatan Lomba Video Kreatif di tahun 2021 ini yang merupakan salah satu program kerja Departemen Informasi dan Komunikasi bertemakan “Sehat di Masa Pandemi” dilaksanakan secara daring melalui instagram sebagai media pengumpulan karya. Peserta lomba diperbolehkan membuat video sesuai kreatifitasnya mengacu pada tema dengan batasan tidak mengandung unsur pornografi, menyinggung SARA, dan plagiarisme. Sasaran kegiatan perlombaan ini adalah seluruh mahasiswa aktif UPI Tasikmalaya yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan bakat dalam bidang IT. Perlombaan ini dilaksanaan bersamaan dengan PGSD FAIR dengan tujuan menambah kemungkinan peserta yang mendaftar diawali dengan penyebaran pamflet di media sosial yang disusul dengan pengumpulan karya melalui instagram, lalu penjurian dan pengumuman kejuaraan. Hambatan dalam kegiatan ini adalah sulitnya pembagian waktu dan menarik minat peserta karena hampir bersamaan dengan program kerja HMPGSD lainnya yang cukup padat seperti MABIM dan LKM

 


Pelatihan Desain

Pelatihan desain adalah kegiatan dengan sasaran anggota himpunan pendidikan guru sekolah dasar dan ditujukan agar para anggota dapat memahami pengetahuan-pengetahuan dasar perdesainan, dan diharapkan dapat menggunakan applikasi untuk membuat sebuah desain, dan dapat mengetahui serta menggunakan fitur-fitur desain.

 


Pembuatan Desain Kartu Tanda Anggota

Pembuatan konsep KTA dibuat pada bulan Maret, sedangkan untuk mengumpulkan dan mengganti background pengurus secara insidental. Pada tanggal 14-16 April mulai mengedit seluruh KTA pengurus. Kegiatan ini berlangsung 3 hari karena pengerjaan edit yang lama serta terkendala karena foto yang belum terkumpul. Pada tanggal 17 April 2021 desain KTA diserahkan kepada departemen Minat dan Bakat serta ketua himpunan untuk dicetak.



Memberdaya Media (Website)

Memberdaya media dimana disini adalah website adalah salah satu program kerja Departemen Informasi dan Komunikasi HMPGSD UPI Kampus Tasikmalaya dengan tujuan memanfaatkan media guna memberikan informasi seluas-luasnya khususnya terkait kegiatan HMPGSD UPI Kampus TasikmalayaUntuk alamatnya sendiri www.hmpgsd.org