Himpunan Mahasiswa PGSD UPI Kampus Tasikmalaya menghadiri Sidang Umum REMA UPI Kampus Tasikmalaya dan turut aktif dalam berjalannya kegiatan ini.
Sidang Umum REMA merupakan salah satu kegiatan tahunan di lingkungan aktif UPI Kampus Tasikmalaya. Sidang Umum ini dilaksanakan untuk memusyawarahkan segala hal yang dibutuhkan untuk berjalannya REMA UPI Kampus Tasikmalaya. Pada tahun ini, Sidang umum terlaksana pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 21-22 Desember 2018 dengan dihadiri oleh seluruh delegasi ormawa serta delegasi setiap kelas. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Sidang Umum tahun ini dimulai pada sore hari. Tena dari Sidang Umum tahun ini adalah ‘Semangat Demokrasi, Tingkatkan Dedikasi, Tanda Bakti pada REMA UPI Kampus Tasikmalaya'.

“Sidang Umum dilaksanakan untuk meminta pertanggungjawaban REMA UPI Kampus Tasikmalaya satu periode kebelakang dan merumuskan landasan kepengurusan periode ke depan. Dalam REMA UPI Kampus Tasikmalaya ini banyak organisasi yang sudah terbentuk. Diharapkan organisasi-organisasi tersebut dapat menjadi sarana pendidikan untuk meningkatkan kualitas karakter mahasiswa. Aktifnya mahasiswa di lingkungan REMA UPI Kampus Tasikmalaya menjadi point plus untuk SKPM di akhir perkuliahan nanti.” Begitu menurut Dr. H. Nandang Rusmana, M.Pd. selaku Direktur UPI Kampus Tasikmalaya yang hadir untuk membuka acara Sidang Umum ini secara simbolis. Disamping itu, pembimbing kemahasiswaan Luthfi Nur, M.Pd. juga turut hadir pada pembukaan Sidang Umum 2018 ini.

Sejumlah tiga belas sidang pleno dalam Sidang Umum ini berjalan dengan lancar. Pada pelaksanaannya sidang ini penuh kritisasi dari para aktifis mahasiswa yang hadir. Pendapat, perdebatan, penguatan, serta pembelaan dari para aktifis menjadi bumbu indahnya dinamika Sidang Umum ini yang sudah membudaya dari tahun ke tahun.

Pembahasan mengenai REMA pada Sidang Umum ini meliputi pembahasan tata tertib sidang, AD/ART REMA UPI Kampus Tasikmalaya, serta pembahasan GBPK dan MKO REMA UPI Kampus Tasikmalaya.

Pada Sidang Umum tahun ini, permasalahan terletak pada krisisnya kepedulian mahasiswa terhadap REMA. Selain itu, ketika pemilihan pimpinan MPM pun  terdapat beberapa hal yang kurang sesuai sehingga menyebabkan persidangan di pending untuk beberapa jam.
Namun, pada akhirnya Sidang Umum ini mencapai suatu mufakat setelah masyarakat REMA UPI Kampus Tasikmalaya bermusyawarah selama kurang lebih dua hari dua malam.
Pelantikan DPM serta Presiden BEM REMA UPI Kampus Tasikmalaya menjadi penutup dari berjalannya Sidang Umum 2018 ini dengan Presiden terpilih Romi Pasrah dengan wakil Irman Artobatama serta DPM terpilih yaitu Amir Prihartono, Muti Wijayanti, dan Tiara Puspita.
Sekitar pukul 03.30 dini hari di tanggal 17 Desember 2018 menjadi titik akhir berjalannya Sidang Umum REMA UPI Kampus Tasikmalaya dengan berbagai harapan baik untuk REMA pada periode satu tahun kedepan.