Ilmu adalah kunci untuk mencapai kebahagian. Karena dengan ilmulah kita bisa dipersatukan. Sabtu, 15 September 2018 Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar menjadi tuan rumah dalam kegiatan kunjungan studi banding dari HIMA PGSD UPI Kampus Purwakarta. Kegiatan ini diikui oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPI Kampus Tasikmalaya dan UPI Kampus Purwakarta. Pengurus yang terlibat dalam kegiatan ini berjumlah 40 orang pengurus dari HMPGSD UPI Kampus Tasikmalaya dan 60 orang pengurus dari HIMA PGSD UPI Kampus Purwakarta.

Rombongan dari HIMA PGSD UPI Kampus Purwakarta tiba di UPI Kampus Tasikmalaya sekitar pukul 11.20 WIB. Dimana, pada saat rombongan datang para pengurus menyambut kedatangan mereka dengan sangat antusias. Mulai dari ucapan selamat datang sampai bersalaman terlebih dahulu sebagai bentuk awal dalam menjalin silaturahim. Pada saat rombongan telah turun dari bus dan bersalaman dengan semua pengurus yang hadir, maka seluruh peserta dan pengurus diarahkan untuk melakukan sesi foto bersama. Setelah itu, para peserta kunjungan studi banding itu diarahkan menuju ruangan auitirium untuk melakukan pembukaan kegiatan.

Pembukaan studi banding ini dimulai pukul 11.56 s.d. pukul 12.10 WIB. Dalam pembukaan kegiaatan studi banding ini, ikut dihadiri oleh Dwi Alia, M.Pd. sebagai pembina HMPGSD UPI Kampus Tasikmalaya. Dalam sambutannya, Nico Anjaswan selaku Ketua Badan Eksekutif HIMA PGSD UPI Kampus Purwakarta mengatakan bahwa “rasa lelah selama perjalanan itu hilang setelah datang di UPI Kampus Tasikmalaya. Terlebih, di UPI Kampus Tasikmalaya ini kita disambut dengan nuansa alam yang sejuk dan rindang. Bukan suatu kemustahilan jika kita semua disini akan merasa betah dan nyaman berada di UPI Kampus Tasikmalaya.”  Selain itu, Dwi Alia, M.Pd. sebagai pembina HMPGSD UPI Kampus Tasikmalaya dalam sambutannya juga mengatakan bahwa “energi positif itu harus disalurkan oleh teman-teman semua, terlebih kita yang sama-sama satu alamamater dan satu perjuangan di Universitas Pendidikan Indonesia. Iya! Walaupun kita berada di kampus yang berbeda dan jarak yang lumayan sangat jauh, tapi energi-energi positif itu perlu untuk saling memancarkan.Selain menyampaikan sambutannya, Dwi Alia, M.Pd. juga membuka serangkaian kegiatan studi banding ini dengan mengucapkan basmallah bersama-sama diikui dengan alunan tepuk tangan dari para peserta serta pengurus.

Acara studi banding ini dikemas dalam berbagai bentuk kegiatan. Mulai dari makan siang bersama, sapari lab, pemaparan dari masing-masing himpunan, diskusi dan diakhiri dengan musafahah. Sebelum melakukan semua acara tersebut, para peserta dan panitia melakukan ISHO terlebih dahulu. Kegiatan ISHO ini dilaksanakan di mesjid AT-Tarbiyah UPI Kampus Tasikmalaya. Setelah itu, para peserta dan panitia melakukan makan bersama di ruangan Auditorium dengan di iringi tayangan video kegiatan dan pengenalan dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPI Kampus Tasikmalaya. Dengan adanya tayangan video tersebut, mereka sangat terhibur dan antusias sekali terhadap kegiatan-kegiatan yang berada di Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar UPI Kampus Tasikmalaya. Kegiatan ini berjalan dengan sangat khidmat, hingga tiba waktunya untuk melakukan sapari laboratorium. Dalam kegiatan sapari ini, para mahasiswa dari UPI Kampus Purwakarta merasa sangat senang, karena baru pertama kalinya bisa menimati nuansa laboratorium. Dalam sapari laboratorium ini mereka hanyut dalam nuansa kegirangan dan seperti terlelapkan oleh nuansa dari setiap labnya, bahkan ada dari mereka yang mengatakan “Pantas aja UPI Tasikmalaya ini mendapatkan akreditas A, karena melihat dari struktur, aktivitas di kampus, tata letak dan pengelolaan labnya sudah sangat baik, kalau waktu bisa diperlambat, mungkin kami ingin menikmati nuansa di UPI Kampus Tasikmalaya ini lebih lama lagi”.

Dalam sesi pemaparan dari masing-masing himpunan. Pada intinya mereka menjelakan mengenai visi dan misi, kepengurusan, sejarah berdirinya himpunan, tupoksi, program kerja, dan menjelaskan beberapa program-program unggulan yang ada di masing-masing himpunan. Pemaparan mengenai himpunan ini dipandu oleh Romi Pasrah selaku Ketua BE HMPGSD UPI Kampus Tasikmalaya, Retnawati selaku ketua DL HMPGSD UPI Kampus Tasikmalaya, Nico Anjaswan selaku Ketua BE HIMA PGSD UPI Kampus Sumedang dan Nanda Anggun selaku ketua BL HIMA PGSD UPI Kampus Purwakarta. Disaat sesi pemaparan dari masing-masing himpunan ini selesai, kegiatan di berhentikan terlebih dahulu untuk melakukan ibadah solat asar. Setelah solat asar selesai, maka acara dilanjutkan dengan kegiatan sharing bersama kawan satu bidang. Acara ini dilakukan agar diskusi berjalan lebih efektif dan bisa mendalami sesuai dengan bidang yang sedang dijalankan. Selain itu pula, acara sharing bersama kawan sebidang ini juga dilakukan agar kedekatan anatar mahasiswanya bisa lebih terasa dan tidak canggung lagi disaat bertanya maupun bersenda gurau.

Waktu memang terus berjalan, mengitari lorong ruang berdimensi kecil dalam sebuah nuansa kebersamaan. Tak terasa memang, cerita ini berakhir dikala senja telah menyambut datangnya malam. Bahkan mega orange itu telah nampak jelas di atas permukaan bumi. Ada banyak untaian kata yang terus terurai mengisi perpaduan hati dengan pikiran. Setiap orang punya cerita, dan setiap orang punya cara sendiri tuk meluapkan rasa. Inilah rangkaian kegiatan Studi Banding yang dilakukaan secara singkat, berbagai kesimpulan berbedapun terlontar dari para peserta. Semoga ini menjadi awal yang baik bagi kita semua. Amiin.

(Mutmainah, R./16 September 2018)