Kegiatan ODWP (One Day With Prodi) ini dilaksanakan pada hari Rabu, 30 Agustus 2023. dengan penjemputan mahasiswa baru di GOR Susi Susanti dan melanjutkan perjalanan kembali menuju UPI Tasik, setelah sampai di upi Tasik para mahasiswa baru ada simbolis penanaman pohon yang diwakili oleh salah satu mahasiswa baru dari tiap prodi. Setelah penanaman pohon mahasiswa baru PGSD diarahkan menuju aula UPI Tasik untuk melakukan pengkondisian peserta dan disambut oleh MC Non formal yaitu oleh Aulia Wuri dan Dinda Lestari, lalu pengenalan jargon dan tema dari kegiatan ODWP ini sendiri diikuti oleh mahasiswa baru. Pembukaan kegiatan ODWP ini dimulai pada pukul 09.40 dengan dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru, panitia serta sebagian dosen PGSD. Pembukaan ini dilaksanakan secara khidmat dimulai dengan pembacaan ayat suci al-quran yang dibacakan oleh saudara fathur dan menyanyikan lagu indonesa raya yang diikuti oleh seluruh hadirin. Selanjutnya pada pukul 09.50 - 09.56 terdapat laporan ketua pelaksana yang disampaikan oleh saudara Akmal Wiguna, selanjutnya terdapat beberapa sambutan yang disampaikan oleh: penanggung jawab kegiatan yakni saudara Andra Nata, sambutan pembina HMPGSD ibu Anggit Merliana, dan Sambutan Ketua Prodi PGSD Bapak Ghulam Hamdu sekaligus membuka kegiatan ODWP 2023, dan lanjut pada penutupan ODWP dengan membacakan doa yang dipimpin oleh saudara Fathurrohman. 

 Pada pukul 10.15 kegiatan ODWP ini dimeriahkan dengan fashion show dosen, pada sesi ini dosen diperkenalkan oleh mc dengan menyebutkan bidang keilmuan yang dipegang oleh dosen tersebut, sampai dengan pukul 10.24. Selain itu, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan persembahan lagu yang dinyanyikan oleh dosen, salah satunya adalah bapak resa, ibu anggit, ibu srie, dan bapak Tb pada pukul 10.24 - 10.36. Pada pukul 10.36 dimulailah kegiatan inti yakni Talkshow selayang pandang yang disampaikan oleh Bapak Kaprodi S1 PGSD Bapak Dr. Ghullam Hamdu, M.Pd sampai dengan pukul 11.07, kemudian talkshow tersebut dilanjutkan oleh sekretaris prodi yakni Ibu Dr. Seni Apriliya, M.Pd pada pukul 11.07 dengan topik pembahasan yaitu etika perkuliahan sampai 11.30, talkshow tersebut dimoderatori oleh Ghina Faidah Octaviani. 

Dalam kegiatan tersebut diadakan sesi diskusi serta tanya jawab yang diberikan oleh mahasiswa baru, sesi ini sangat menarik karena banyak sekali mahasiswa baru yang antusias berperan aktif dalam bertanya kepada pembicara, dan selesailah kegiatan talkshow ini pada pukul 11.44 yang ditutup oleh moderator. Pada pukul 11.48 selesainya sesi talkshow, para mahasiswa baru diperkenankan untuk makan dan istirahat, dan dikarenakan sudah waktunya ishoma, para mahasiswa baru diperkenankan untuk keluar dari aula untuk melakukan ishoma. Waktu ishoma telah berlalu, dan para mahasiswa baru mulai memasuki aula pada pukul 12.30 karena kegiatan akan dimulai kembali. Tetapi sebelum pada kegiatan selanjutnya mc mengajak para mahasiswa baru untuk melakukan ice breaking, agar menumbuhkan rasa semangat kembali. Hingga pada pukul 12.55, kegiatan talkshow kedua dilaksanakan. Pada talkshow ini, pembicara yang menyampaikan adalah pembina HMPGSD XI yakni Ibu Anggit Merliana M.Pd dan Bapak Mohamad Pidi Setiadi, M.Pd yang dimoderatori oleh Mira Putri Shelfi. Topik yang menjadi pembahasan pada talkshow kedua ini yakni mengenai kurikulum & kemahasiswaan , dan seperti biasa setelah diadakannya talkshow terdapat sesi diskusi dan tanya jawab. Hingga pada pukul 13.58 kegiatan talkshow itu sudah selesai. Kegiatan selanjutnya adalah fashion show pengurus HMPGSD XI, yang terdiri dari badan eksekutif dan badan legislatif. 

Kegiatan tersebut sangat meriah karena masing masing dari komisi dan departemen membawa ciri khas masing masing dari setiap komisi maupun departemennya. Pada kegiatan fashion show ini, seluruh pengurus maju kedepan dan berdiri didepan untuk memberikan persembahan dengan membawakan lagu mars dan Jingle HMPGSD. Untuk memicu semangat para mahasiswa baru, mc mengajak untuk melakukan Ice breaking yakni dengan mengadakan perlombaan estafet sarung, sampai dengan diperoleh juaran 1,2,3. Selain itu sebagai penutup pada kegiatan ini, seluruh pengurus HMPGSD memberikan persembahan terakhir yakni flashmob, para mahasiswa baru pun turut serta dalam persembahan flashmob. Sebelum mahasiswa baru kembali ke GOR, mereka diarahkan untuk ishoma terlebih dahulu. Dan pada pukul 16.00, seluruh mahasiswa baru kembali ke GOR untuk melaksanakan MOKAKU diantar oleh para pengurus HMPGSD.