“ Dengan Mabim, Ciptakan Generasi Inovatif dan Kompetitif ”

Masa Bimbingan (MABIM) mahasiswa baru PGSD UPI Kampus Tasikmalaya angkatan 2023 merupakan salah satu rangkaian dari beberapa rangkaian pengkaderan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa PGSD (HMPGSD) Upi Kampus Tasikmalaya. Masa Bimbingan (MABIM) sendiri bertujuan untuk membimbing mahasiswa baru PGSD Upi Kampus Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 dalam mengenalkan lingkungan kampus serta dunia perkuliahan dan membentuk mahasiswa baru tersebut menjadi mahasiswa yang peka terhadap lingkungan sekitarnya, memiliki kemampuan emosional, intelektual, dan pendagogik yang baik serta menjalin silaturahmi dan menciptakan rasa kekeluargaan antara sesama mahasiswa baru PGSD Upi Kampus Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 ini selaras dengan tema yang diangkat pada kegiatan ini yaitu “ Dengan Mabim, Ciptakan Generasi Inovatif dan Kompetitif”. Untuk pelaksanaan Mabim sendiri terdiri dari 6 kali pertemuan dengan terdiri dari pembukaan, dilanjut dengan 4 kali pertemuan mentoring, dan penutupan.


Pembukaan Masa Bimbingan (MABIM) PGSD 2023 dilaksanakan pada tanggal 04 September 2023 dengan rangkaian kegiatan acaranya yaitu pembacaan dan pengesahan tata tertib peserta Masa Bimbingan (MABIM) PGSD 2023, pengumuman pembagian kelompok dan mentor, pembukaan kegiatan Masa Bimbingan (MABIM) PGSD 2023 yang dibuka oleh Ketua HMPGSD Andra Nata, pematerian tentang Proposal PKM oleh Sofi Mutiara Insani dan Faiz Satrio Yudhanto, serta menonton film “Di Balik 98”. Kegiatan mentoring dilaksanakan 4 kali pertemuan pada rentang waktu 4-8 September 2023 secara fleksibel menyesuaikan dengan jadwal perkuliahan dari mentor ataupun menti dari setiap kelompoknya. Adapun materi yang harus disampaikan pada saat mentoring yaitu motivasi berorganisasi, pengenalan kelembagaan dan ormawa, konsep diri mahasiswa, kemampuan manajerial waktu, kecerdasan emosional dan spiritual, serta hak dan kewajiban mahasiswa. Selain itu, terdapat luaran dan tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa baru PGSD 2023.


Luaran tersebut yaitu road mapping mengenai perjalanan serta target selama kuliah yang nantinya dipresentasikan, sedangkan untuk tugasnya yaitu membuat 30 mimpi dan struktur kelembagaan di UPI Kampus Tasikmalaya. Kegiatan penutupan dilaksanakan pada tanggal 9 September 2023 dengan rangkaian kegiatan acaranya yaitu pensi dari setiap kelompok, pengumuman kelulusan, pengumuman kejuaran dan penutupan pembukaan kegiatan Masa Bimbingan (MABIM) PGSD 2023 yang ditutup oleh Ketua HMPGSD Andra Nata.