Narasumber : Abdurrohman Hizbulloh 
Diskusi Online
Minggu, 26 April 2020  

            Keberuntungan yang membuat belajar tentang arti kegagalan. Seorang organisatoris tidak akan pernah lepas dari buku dan seorang yang berprestasi tidak akan pernah lepas dari buku itulah persamaan dari kedua orang ini. Seorang aktivis atau organisatoris jika ia ingin bicara dan ingin membuat orang-orang terpengaruh kepada dia, dia harus banyak membaca banyak literasi yang ada. Dan seorang yang berprestasi dia harus juga punya banyak referensi dalam membuat karya tulis, dalam membuat prototype dari kompetisi yang ada. Aktivis, prestatif itu sejalan, karena kawan-kawan sama-sama membaca buku, sama-sama dituntut kritikal thinkingnya berfikir. Orang-orang yang aktif didalam organisasi seringkali kehilangan fokusnya karena dia mempunyai beban yang sangat berat. 

         Kamu harus memaklumi kegagalan tapi kamu jangan membuat pengulangan kegagalan tersebut. Hal yang sederhana ditambah kebutuhan masyarakat itu sama dengan kebermanfaatan yang baik. Maka dari itu, dalam prinsip berprestasi dan berorganisasi buatlah gerakan-gerakan sederhana dan itu dibutuhkan sama masyarakat. 

               Kalau sebuah harapan bisa membuat hidup kita lebih bergairah, mengapa kita tidak produksi saja sebuah harapan? Bahan bakunya gampang didapat, niat baik, ikhlas, kreativitas, tekad, dan totalitas. Semuanya bisa diperoleh secara gratis. Niat baik itu bisa muncul dalam diri kita, keikhlasan dalam berbuat itu muncul dalam diri kita, kreativitas itu muncul dari akal kita,tekad kita muncul dari jiwa kita, dan totalitas muncul dari pikiran positif kita. Ini kuncinya kalo kita ingin membangun sebuah harapan, sebuah mimpi. 

          Pemimpin tidak punya jabatan, tidak masalah. Tapi kalau tidak punya pengaruh, itu sia-sia. Inilah yang penting dalam diri kita. Kita harus bisa mengkritik dalam diri kita sendiri.  

Tips Optimalisasi Organisasi dan Prestasi :

1. Plan Your Work, 
Work Your Plan Tulis Rencanamu Di Dinding Kamar :
  • Dalam manajemen dinamakan design thinking, ini artinya kami memikirkan apa yang akan kamu lakukan, masuk kedalam salah satu proses perencanaan hidup.
  • Design Thinking ditulis secara detail ambil sticky note lalu tulis, EX: “Saya ingin lomba karya tulis manajemen di Amerika tanggal 15 November 2020”
  • Keuntungannya kamu membuat design thinking dalam perencanaanmu ialah : Mengetahui tujuan sejati kamu mewujudkan mimpimu.

Mengetahui langkah-langkah mimpimu. Design Thinking Process (Rencana kedepan dengan langkah-langkah secara rinci:
  1. Empathize, Dimana kawan-kawan seperti memotong bawang, kemudian kawan-kawa tibatiba  menangis. 
  2. Define, Menemukan inti dari permasalahan muncul setelah ada empathize kita. 
  3. Ideate, Ide apa agar masalah inti tadi terselesaikan.
  4. Prototype Diprototype, kawan-kawan sudah mencoba. Intinya dari prototype itu adalah     pengulangan. Kawan-kawan bisa berkolaborasi dengan orang-orang.
  5. Test Setelah ujicoba, kawan-kawan melakukan action dengan daftar-daftar lomba. 
2. Kelola Mindset 
Alloh sesuai dengan prasangka hambanya. Mengenai makna hadist ini, Al Qudhi Riyadh berkata “Sebagian ulama mengatakan bahwa maknanya adalah Alloh akan memberi ampunan jika hamba meminta ampunan. Allah akan menerima taubat jika hambanya bertaubat. Allah akan mengabulkan doa jika hamba meminta. Allah akan memberi kecukupan jika hamba meminta kecukupan. Ulama lainnya berkata maknanya adalah berharap kepada Allah dan meminta ampunannya” (Syarh Shahih Muslim, 17:3) Apabila kita meminta kepada Allah dengan kesungguhan maka Allah akan berikan. Karena Allah telah memberi banyak kesempatan kepada kita.

3. Mulai dari diri sendiri 
“Tidak ada orang yang benar-benar tahu kamu selain dirimu sendiri” Jangan menunggu kawan lainnya, jadilah pemimpin untuk dirimu. Jangan pernah diam. Mulai dari diri sendiri, mulai perlawanan yang besar yaitu membaca. Intinya setiap hari kita harus dapat ilmu. 

4. Atur Waktu Rebahanmu 
“Tidak ada orang yang gagal, hanya yang malas dan terlalu takut untuk menghadapi kegagalan”. 

5. Berani Keluar Zona nyaman 
“Jutaan orang tidak menyadari, bahwa mereka hidup karena komentar orang lain, baik itu negatif maupun positif”. 

6. Bangun Pergaulan Luas 
“Kawan adalah modal yang lebih berharga dibandingkan rupiah”. Fleksible dalam berkawan, kemana saja, namun harus punya prinsip kuat. 

7. Fokus 
“Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan”. Tetapkan 5 Fokus utama dalam hidup kawan kawan 

8. Optimalkan Usia Muda 
“Menyia-nyiakan waktu itu lebih parah dari kematian. Karena menyia-nyiakan waktu memutuskan dari mengingat Alloh dan Negeri Akhirat. Sedangkan kematian hanya memutuskan dari duniadan penghuninya”. –Ibnu Qayyim- 

9. Kasih Ucapan Sakti dan Tepati Janji
“Setiap bangun pagi ucapkan dengan lantang, terima kasih Allah, Engkau menjadikanku seorang yang rajin, disiplin, murah hati, pantang menyerah, dan profesional. Lakukan hal tersebut setiap hari dan rasakan perubahannya.

10. Bangun Generasi
“Pemimpin yang baik adalah menciptakan pemimpin yang lebih baik dari dirinya”.  Pemimpin itu harus memiliki tiga hal : a. Gagasan b. Karya c. Kader 


Dokumen Notulensi Diskusi Online dapat di unduh dibawah ini :

https://drive.google.com/open?id=1fTLNKPscvgCagYiikiKCxHVPjrbjrGPU