Pembukaan

P2M (Pengabdian Pada Masyarakat) merupakan program kerja rutin HMPGSD UPI Tasikmalaya yang setiap tahunnya diadakan. P2M ini merupakan realisasi dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian. P2M biasanya dilaksanakan di suatu desa pilihan dan untuk kegiatan pengabdian ini melalui kegiatan-kegiatan yang sudah dirancang dan direncanakan dari jauh hari. “Mengabdi bukan hanya sekedar pindah tempat tidur ataupun pindah tempat makan saja, namun mengabdi ini berkaitan dengan cara mengelola rasa, tantangan, dan menggali ilmu baru yang ada di lingkungan masyarakat yang tidak kita temui di lingkungan kampus” ucap Geby Ramdani selaku ketua pelaksana P2M HMPGSD 2022. Pada tahun ini, P2M dilaksanakan secara offline yaitu di desa Cipicung, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya diawali dengan tim pendahulu pada tanggal 23 Juli 2022 sebanyak 4 orang.

Tim pendahulu

Pada hari Minggu (24 Juli 2022) dilaksanakan pembukaan P2M bersama pembina kemahasiswaan dan pembimbing HMPGSD, H. Anggi Maulana Rizqi, Lc., M.A. dan Istikhoroh Nurzaman, M.Pd. kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama. Sekitar 60 orang rombongan P2M diberangkatkan menuju lokasi pengabdian menggunakan 2 mobil elf, 1 truk untuk mengangkut barang, dan 10 sepeda motor. Perjalanan menuju lokasi kurang lebih 3 jam. Selama perjalanan para rombongan bersuka ria walaupun cuaca sedang tidak mendukung. Ya! pada hari itu hujan mengguyur Kota Tasikmalaya. Sesampainya di Desa Cipicung rombongan P2M melaksanakan pembukaan dan penyambutan di Balai Desa Cipicung oleh pihak desa.

Persiapan penyambutan - Kantor Desa Cipicung

Setelah melakukan ISHOMA dan pengkondisian barang, mereka menuju posko masing-masing yang sudah dibagi menjadi 4 posko. Setiap posko ditempatkan di suatu daerah yang berbeda diantaranya yaitu Ganasari, Cipicung, Petir, dan yang terakhir Lebaksiuh. P2M ini dilaksanakan dalam rentang waktu 15 hari terhitung dari tanggal 24 Juli sampai 7 Agustus 2022, waktu yang cukup lama sekitar 2 minggu. Dalam 2 minggu tersebut adapun kegiatan yang dilaksanakan ada sekitar 10 kegiatan diantaranya yaitu silatwar (silaturahmi pada warga), PGSD mengajar, lomba anak SD, tampiling (taman pintar keliling), jika aku menjadi, P3BKR (penyuluhan pentingnya pendidikan dan bahaya kenakalan remaja), tabligh akbar, kerja bakti, fun day with hmpgsd, perjusa, dan hakrab (hari keakraban). Setiap harinya para panitia melakukan kegiatan masing-masing di setiap posko, pada pagi sampai siang hari melaksanakan PGSD Mengajar di SD, kemudian siang menjelang sore biasanya dilaksanakan Tampiling (taman pintar keliling) disini panitia menyediakan buku-buku cerita, bacaan, dan gambar. 

Taman pintar keliling

Sehat bersama HMPGSD

PERJUSA

Lomba siswa SD

Tabligh Akbar

SDN Lebaksiuh

Penyambutan


Silaturahmi warga

Anak-anak di desa Cipicung sangat antusias untuk belajar, mereka selalu mendatangi posko-posko untuk mengerjakan tugas, membaca, dan sebagainya. Tidak hanya itu warga desa pun menyambut dengan sangat baik dan membantu menyukseskan kegiatan P2M ini. Hal ini dapat dilihat saat kegiatan P3BKR, panitia bekerja sama dengan karang taruna Desa Cipicung dalam kegiatan P3BKR. Dengan bantuan karang taruna, remaja-remaja di Desa dapat ikut serta dalam kegiatan ini yang diisi oleh Bapak Pidi Mohamad Setiadi, M.Pd sebagai pemateri penyuluhan pentingnya pendidikan dan bahaya kenakalan remaja. Selama 2 minggu melakukan pengabdian ini merupakan pengalaman yang sangat berkesan dan menyenangkan.

Kantor Desa Cipicung

Persiapan kembali ke kampus  (07/08/2022)

Wawancara ketua pelaksana P2M